Rabu, 27 November 2013

CAKE KUKUS PISANG TEPUNG BERAS


Musim pisang, so pisang melimpah dah. Padahal lagi musim duren juga dsini, tapi gak melimpah, hohohoho. Bingung juga pisang di atas meja hampir busuk alias blenyek. Beberapa hri yang lalu kak Nia ngasih pisang buanyaak. Sekarang sih sisa sedikit. Tapi bingung mau di apain. Sercing2 resep, resepnya geto2 ajjah. Coz udah kebayang rasanya gmn, pengennya sih nyari yang belom pernah ku bikin. Tapi gak nemu2, dan akhirnya menyerah deh. Niatnya sih mau dibikin cake pisang modifikasi dari resep brownisnya ny. liem. Ternyata e ternyata tepungnya habis, dan malez juga jalan ke warung (panaasss :D). So bahan seadanya deh. Tapi adanya cuma tepung ketan, sagu, tapioka, ma tepung beras. Akhirnya yang terpilih tepung beras (gak bisa ngebayangin bikin cake pake tepung tapioka, sagu, ma ketan). Terinspirasi ma resep ala cheff si farah queen, bikin bolu dari tepung beras, tapi lupa resepnya. Setidaknya tepung beras bisa juga dibikin cake. Bahannya sih alakadarnya, yang simpel2 ajjah.

Pas cake udah jadi, sempet kaget sih, kug mpe mblendung geto atasnya, kayak bolu ajjah, padahal bukan bolu. Pa karena kebanyakan emulsifer yak. Gak tau juga sih. Kalo menurut penalaranq sih atasnya datar, gak mekar kayak gene.


 Warnanya coklat karena gula palm, trz ada persediaan coklat bubuk dikiiiitt banget, ngasal campurin ajjah, daripada menuh2in tempat persediaan. Penggunaan gula palm, bikin aromanya khas. Teksturnya lembut kug, gak bantet. Cake ini gak mpe sehari lansung ludes, pagi bikinnya, sorenya tak bersisa (biasanya juga gto). Mpe kucing yang sering maen ke rumahq juga doyan (emang kucingnya pemakan segalanya, apa2 doyan). Nih penampakan tekstur cakenya.


 Komentator para tester bilang enak, gara2 mereka yang bikin cakeq cepet abis. Ada juga yang bilang kalo q pinter bikin kue. Hahahahahaha... Kan q jadi GR nih. Jadi besar kepala juga. Tapi trimakasih udah bilang bgto. Kalo mau mencoba, silahkan contek aja resepnya. SELAMAT MENCOBA... =)

CAKE KUKUS PISANG TEPUNG BERAS

BAHAN:
 - 3 butir telur ayam ukuran kecil, kalo besar pake 2 butir ajjah
 - 100 gram gula palm bubuk
 - 50 gram gula pasir
 - 1/2 sdt emulsifer, kurangin ajjah jadi 1/4 sdt
 - 5 buah pisang (pisang apa ajjah), blender halus
 - 150 gram tepung beras, ayak
 - 1/2 sdt vanili bubuk
 - sedikit garam
 - 100 ml minyak sayur

CARA MEMBUAT:
Panaskan dandang yang sudah di isi air.
Kocok telur dan gula dengan menggunakan mikser kecepatan tinggi sebentar kemudian masukkan emulsifer, kocok mpe mengembang dan kaku. Kemudian kecilkankecepatan mikser kepaling rendah, masukkan pisang yang sudah dihaluskan, kocok mpe rata. Masukkan tepung terigu, dan minyak sayur sedikit demi sedikit secara bergantian. Matikan mikser, lanjutkan mengaduk dengan menggunakan spatula, sebentar saja. Kemudian siapkan loyang, olesi dengan minyak sayur, masukkan adonan ke dalam loyang, kukus selama kurleb 30 menit. Tes tusuk menggunakan tusuk gigi, kalo gak ada adonan yang nempel di tusuk giginya, cake sudah matang. Matikan api kompor, dinginkan cake, siap dihidangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar