Selasa, 19 November 2013

P.A.K.L.A.Y


Pertama kali menyantap yang namanya paklay, waktu di rumah tante ifah. Pas maen ksitu disuguhin makan malam paklay. Dari penampilannya sih kayak capjay. Tapi setelah menylurup tu paklay ada sedikit beda. gak tau juga apanya yang beda. Q gak begeto suka ma capjay. Pernah dulu beli paklay diwarung deket rumah. Tapi sangat mengecewakan. Beda jaoh ma yang ditante ifah itu. Paklay yang q beli tu malah kayak capjay. Saking penasaran dan ketagihan, so nekat nanya tante ifah beli tu paklay di mana. Dan akhirnya ditunjukin dah ma tante. Eeeeeeee... Besoknya pas kebetulan pulang kuliah maghrib, niat banget buka puasa di warung paklay. Lha kug q lupa warungnya yang mana. secara banyak warung dsitu, dan menawarkan menu yang hampir sama. So kebingungan yang mana. Akhirnya ngasal pilih dah. Dan ternyata hasilnya kurang memuaskan. Setelah gak berhasil dengan paklay yang ku pengenin, akhirnya jengkel ma paklay. Gak mau beli paklay lagi, atut kuciwa. hikz hikz. Dan akhirnya q melupakannya.
Naaaahhh... gara2 ada 4 buah ati ayam yang nonggrok di kulkas. Bingung mau di apain, teringat ma capjay. Tapi akunya yang kurang yakin, dan akhirnya terfikir olehq bikin paklay sajjaaaa. Sempet sercing2 resep paklay di google. Alhamdulillah nemu di dapurmanis
dan hasilnya sangat tidak mengecewakan. Tapi q dah lupa rasa paklaynya tante ifah itu. So q gak yakin paklay ini sama gak rasanya dengan paklaynya tante ifah. Tapi menurutq paklay ini udah wenak. Gak kyk capjay. q juga gak tau kenapa kug q gak begeto suka ma capjay. Hmmmmmmm.... whateverlah, yang penting paklayq ini mak nyooossss.


PAKLAY

BAHAN:
 - 1 buah bawang bombay, iris tipis panjang
 - 4 siung bawang putih, iris tipis
 - 1 sdm kecap ikan
 - 2 buah wortel ukiran kecil, potong serong
 - 1/4 kubis ukuran besar dan tebal, potong2
 - 1 ikat sawi hijau, potong2
 - 4 buah ati ampela, rebus, potog kecil2
 - 5 buah sosis ayam/ sapi, potong serong tipis
 - 2 butir telur kocok, goreng sambil d aduk2 yar telor pecah2,  q gak pake
 - 2 batang daun bawang, iris ipis
 - 2 sdm saus tiram
 - 1/2 sdt garam
 - 1 sdt gula pasir
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 1 sdt tepung maizena, larutkan dalam 1 sdm air
 - bawang goreng untuk taburan

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang putih dan bawang bombay mpe harum. Masukkan kecap ikan, wortel, dan kubis. Aduk rata mpe sayur setengah matang. masukkan ati ampela, sosis ayam, dan telur kocok. Aduk sebentar, masukkan saus tiram, garam, gula pasir, merica bubuk. Aduk rata. Jangan lupa incip2. Masukkan daun bawang dan sawi. Masak sebentar. Masukkan larutan maizena. Aduk ceoat. Matikan api kompor. Sajikan dengan ditaburi bawang goreng.


SELAMAT MENCONAA.... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar