Selasa, 26 November 2013

TUMIS TOGE UDANG KERING


Stok toge di kulkas buanyaaaaaakkk banget. Bukan karena lagi promil lho yak. Mentang2 promil, makan toge setiap hari. Hmmmmmmm... blengere kayak apa tuh. Meskipun toge bagus juga buat promil, tp kudu diperhatiin juga kebutuhan (vitamin, protein, dsb) yang lainnya. Gak cuma toge aja. Kebanyakan toge karena kak Nia. Awalnya stok toge cuma sekantong plastik kecil, dapet oleh2 dari mamaknya Kak Nia. Togenya bikin ndiri. Awalnya seneb juga ney mata setiap kali buka kulkas pastinya yang pertama di liat plastik toge. Bingung juga mau di apain tutoge sebanyak itu. Kata si lelaki Surga di tumis ajjah. Yasudah deh ku tumis. Pas buka plastiknya, eeeeeeeeee... Belom dibersihin ternyata, masih kotor. Maksudnya kotor, bukan kotor karena sampah ato apalah, tp masih dalam keadaan kyk pohon, jadi masih ada daun pisangnya, akarnya juga masih nempel2 gto, pokoe masih dalam keadaan pembuatan (bingung juga ngomongnya). Pas lagi proses bersihin tu toge, eeeeeeee... mamak kak nia nongol dengan membawa 2 kantong plastik ukuran buesaaarrr, isinya togeeeeeee. toge lagi toge lagi. dia mau titip togenya di kulkasq. Makanya stok toge melimpah. Setidaknya toge hasil oleh2 mamak kak Nia berhasil kuhabisin. Alhamdulillah.

Sesuai dengan sarannya Lelaki Surgaq, so jadilah tumis toge. 1 kantong plastik kecil langsung habis. hehehehe... Legaaaa... Tapi jangan lega dulu, coz masih ada 2 kantong besar lagi. Kebiasaan kak nia kalo titip sayur di kulkas, pasti lupa, dan alhasil busuk deh. Mentok2nya q yang bersihin.

Tumisan togeq ini bener2 menggugah selera. Pertama q sempet ilfill, tapi setelah merasakan ternyata enak juga. Karena efek aroma udang keringnya. hehehehehe. Ini termasuk resep favoritq. RECOMENDED.


TUMIS TOGE AROMA UDANG KERING

BAHAN:
 - 500 gram toge, bersihkan
 - 4 butir bawang merah, rajang halus
 - 3 siung bawang putih, rajang halus
 - 2 buah cabe merah, iris serong tipis
 - 1 batang daun bawang ukuran besar, iris tipis
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 1/2 sdt ketumbar bubuk
 - 3 sdm kecap manis
 - 100 ml air
 - 3 sdm udang kering, goreng
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk

CARA MEMBUAT:
Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe merah mpe harum dan layu. Bumbui dengan merica bubuk, garam, kaldu bubuk, ketumbar bubuk aduk rata. Beri air, dan kecap manis. Masak mpe aeir mendidih. Jangan lupa incip2. Masukkan toge, dan udang kering. Aduk rata, kemudian masukkan daun bawang, masak sebentar. Matikan api kompor, sajikan.




SELAMAT MENCOBA.... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar