Kamis, 07 November 2013

KOLAK PISANG SETUP


Ini adalah kolak favoritq. Coz simple banget bikinnya, dan rasanya itu segeerrr.Aroma kayu manis yang hmmmmm wangiiii..., kayu manis ini yang bikin kolak ini spesial. Dan gak pake santan pula. Tapi gak setiap pisang bisa dibikin begene2an. Sempet dulu pernah nekat pake pisang ngasal (gak tau namanya). Hasilnya gak enak. Emang bener kata ibu. Kalo bikin ini kudu pk pisang kepok (kalo gak salah denger). Dan kemaren sempet Kak Nia ngasih pisang (kalo di sini namanya pisang batu). Niatnya mau dibikin kolak santan. Tapi pas ngupas pisangnya kug kayake mantep nih dbikin kolak pisang setup. Akhirnya jadi deh pisang setupnya. Bener deh dugaanq, hasilnya MANYAAAPPHH. Seenengnyaaa... asek asek josss. Kata Lelaki surga juga enak.
Kalo menurutq kolak ini gak banyak tenaga. Coz gak pake santan, jadi gak payah ngaduknya. Gulanya pk gula pasir. Ngirit tenaga bangth deh. Hehehehe. Q gak tau kolak ini berasal dari mana. Yang q tau waktu tinggal di Demak banyak banget yang jual kolak setup ini. Setelah pindah ke Solo, pada gak kenal ma kolak ini. Dan mayoritas orang2 yang q kenal gak ada yg tau dengan ini kolak. Mungkin brasal dari Demak kali yak. hahahahaha....PEDE.... Berikut resephya..
 KOLAK PISANG SETUP



BAHAN:
 - 1 sisir pisang batu/kepok, kupas,mpotong serong, cuci bersih
 - 1 sdt kayu manis bubuk
 - 15 sdm gula pasir (lupa nimbang)
 - 500 ml air
 - 1 sdt garam
 - 1/2 sdt vanili
 - 2 lembar daun pandan

CARA MEMBUAT:
Rebus air dan pisang mpe mendidih. Masukan ssemua sisa bahan lainnya. aduk rata. Jangannlupa incip2. Tuggu matang. matikan api kompor, dan sajikan

SELAMAT MENCOBA... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar