Senin, 18 November 2013

MIE KANGKUNG CEKER AYAM


Awalnya gak tertarik bikin Mie Kangkung ini. Karena gara2 Kak Nia yang sering titip sayur di kulkas, dan akhirnya dia lupa dan mpe busuk. Salah satunya kangkung ini. Waktu ngecek isi kulkas, ternyata ada 2 ikat kangkung masih utuh di dalam kantung plastik putih. Dan alhasil q cek juga kangkungnya, masih layak pakai gak. Dan ternyata ada beberap yang masih layak. Q pikir sayang kalo dibuang. Tapi kalo dimasak, kurang lah porsinya, coz terlalu sedikit. Dan akhirnya keinget mie kangkung. Jadilah ku bikin mie kangkung, dan kutambahin toge. Pas beli diwarung, dapet toge yang buruk pula. Baru nyadarnya pas hyampe rumah. Haiyah (penyakit kurang teliti). untuk resepnya q nyontek di web favoritq, yaitu di  JTT. Kebetulan q gak da persediaan daging ayam, yang ada ceker dan kepala ayam. Yasudah gak da daging, cekerpun jadi. hehehehe. Utuk rasanya pedas gurih. pedasnya dari sambal cabe rawit. Maap, sambalnya lupa q poto. pertama bikin agak ribet sih. Prosesnya juga agak lama. Resep ini cocok unuk yang lagi rajin masak. Yang malas, tidak disarankan masak begene2an. :D Kalo menurutq seperti mie ayam homemade.

Untuk tips supaya ceker ayam empuk, goreng cekernya dulu mpe setengah matang, kemudian angkat, langsung cemplungin di air es. Stelah itu direbus mpe matang. Kemudian tiriskan. Dan kemudian bumbui dengan bumbu yang diinginkan.


MIE KANGKUNG CEKER AYAM

BAHAN KUAH:
 - 300 gram ceker ayam
 - 2 liter air kaldu
 - 2 batang daun bawang
 - 1 sdm garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk
 - 1/2 sdt lada bubuk
 - 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air

BAHAN CEKER AYAM:
 - 300 gram ceker ayam, ambil dari bahan kuah
 - 100 gram udang, q gak pake
 - 50 gram jamur merang belah 2, q gak pake
 - 1 sdm saus tiram
 - 2 sdm kecap manis
 - 1/2 sdt merica bubuk
 - 1 sdm gula pasir
 - 1/2 sdm garam
 - 1/2 sdt kaldu bubuk



BUMBU HALUS:
 - 5 siung bawang putih
 - 3 buah cabai merah
 - 1 sdm ebi, rendam air panas mpe empuk

BAHAN SAMBAL:
 - 10 buah cabai rawit
 - 3 buah cabe merah keriting
 - 3 siung bawang putih
 - 1/4 sdt garam
 - 1/4 sdt gula pasir
 - 50 ml airpanas, ambil dari air kaldu

BAHAN PELENGKAP:
 - 500 gram mie telor, seduh dengan air panas, tiriskan
 - 175 gram tauge, seduh dengan air panas, tiriskan
 - 3 ikat kecil kangkung, kalo q cuma 1 ikat, kukus setengah matang
 - irisan jeruk nipis
 - telur puyuh, q gak pake
 - bawang goreng

CARA MEMBUAT:
Tumisan ayam: tumis bumbu halus mpe harum dan matang, masukkan ayam ceker, aduk mpe ceker berubah warna. Tambahkan 200 ml air kaldu, saus tiram, garam, gula, kecap manis, dan kaldu bubuk. Masak mpe ceker ayam matang, tambahkan jamur merang, dan udang jika pakai. masak mpe semua bahan matang. Jangan lupa incip2. Angkat.
Kuah: Panaskan kaldu ayam, masukkan garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Masak kpe mendidih. Tambahkan larutan tepung maizena. Aduk mpe kuah mengental. Masukkan daun bawang, aduk dan angkat. 
Sambal: Rebus cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih mpe ekpuk, tiriskan. Haluskan, kemudian tambahkan air kaldu panas, gula, dan garam. Aduk rata. 
Penyajian: Siapkan mangkuk, tata mie, kangkung, dan tauge ke dalam mangkuk. Beri timisan ceker di atashya, dan siram dengan kuah, taburi dengan bawang goreng. Sajikan mie dengan pelengkap irisan jeruk nipis dan sambal rawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar