Jumat, 22 November 2013

KRIPIK UBI DAN SAMBAL PEDAS ASAM MANIS


Beberapa hari yang lalu, sempet ke pasar bareng tetangga sebelah kontrakan. Namanya Kak Rina, dy beli kripik ubi. Sebenernya q kurang tertarik ma kripik ubi. Tapi berkat Kak Rina, jadi ketagihan, pa lagi di cocol ma sambal pedas. Pertama kenal begene2an ya dari Kak Rina. Sore2 pas kebetulan ujan derez, q, kak Rina, ma kak Nia makan ney cemilan. wuihhhh... lahap benerrrr. tapi kata kak Nia sambalnya gak enak. Coz kak Rina bikinnya juga ngasal2, yg penting pedes. Karena q ketagihan, so nanya deh ma kak nia resepnya gmn. Ternyata simpel banget kug. Besoknya q langsung bikin. Mak nyoooosss kata Lelaki Surgaq. Kebetulan Lelaki Surgaq doyan banget ma ney sambal. Kalo beli gorengan, pasti minta sambal, bukan cabe rawit. 

Untuk kripiknya sih bisa pake sesuka hati. Krupuk udangpun juga enak. Rambakpun juga mantep. pa lagi kalo gorengan juga bisa. Bagi yang demen cemilan, dan selalu bikin cemilan setiap hari kayak q gene, kripik ubi dan sambal pedas bisa jadi menu cemilan selanjutnya. Dan murah meriah euy. Dan gak ribet juga. Kalo yang demen pedes bisa dibikin super pedes, tp kalo gak bgto suka pedes bisa dbikin asam manis. Tergantung selera. Kalo q sih demen yang pedes, dan pk cabe rawit merah. Kalo dah ngemil begene2an mpe mbeler2 idungnya, dan mulutnya gak berhenti huh hah huh hah saking pedesnya. Meskipun kepedesan, tetep aja ngemil teroz. Untungnya perut juga baik2 saja. Kak Nia mpe kapok makan sambal bikinanq ini. Kata dia enak, tapi puedes, mpe kak nia sakit perut makan sambalq ini. hahahahaha.

Sebenernya q ada 2 resep cemilan andalan yang berkaitan dengan per"kripik"an. Kripik sambal pedas, dan kripik singkong balado. Untuk kripik singkong balado, Next time q postingin deh. Sabaaarrrr ;). Beberapa hari yang lalu sih sempet bikin kripik balado, tp hehehehehehe (ketawa dulu) G.O.Z.O.N.G pemirsah. Gak jadi ku postingin deh. Malu2in masa nampangin gambar gozong, bisa2 diketawain ayam dah. Meskipun gozong, tetep aja setoples habis. Yang penting pedesnya berasa, walopun ada rasa sedikit paitnya. hahahahaha.... Langsung ke resep aja kalo begeto. CEKIDOT....

KRIPIK UBI DAN SAMBAL PEDAS ASAM MANIS


BAHAN:
 - 20 lembar kripik ubi, goreng (bisa pake yang lain)
 - 5 buah cabe merah rawit
 - 5 buah cabe merah besar
 - 2 sdm gula pasir
 - 1 siung bawang putih
 - 1 sdm garam
 - 1/2 sdt cuka
 - 100 ml air hangat/ sesuai selera, kalo q suka kental

CARA MEMBUAT:
 Goreng kripik ubi mpa matang, tiriskan, masukkan dalam toples. Haluskan cabe, dan bawang putih. Tuang ke dalam mangkuk, bumbui dengan gula pasir, garam, cuka, dan kemudian beri air hangat. jangan lupa incip2 dulu. kalo rasa sudah pas, sajikan dengan kripik, caranya kripik di siram dengan sambal dengan menggunakan sendok, ato kripik di cocol dalam sambal. Kemudian di makan deh. =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar