Senin, 18 November 2013

MINESTRONE SOUP


Setelah puas dengan masakan thailand Ikan santan thailand dan tomyum goong. Sekarang  giliran negara lain. Pokoknya keliling dunia lewat makanan. hehehehehe. Waktu iu buka note di Hp, gak sengaja nemu note yang judulnya "next menu". Isinya macam2 menu yang pernah q makan di resto. Kebiasaanq kalo makan di resto, dan slalu pesen yang belom pernah q makan, dan ternyata rasanya enak, langsung dah q catat judul makanannya di note hpq. Berharap someday q bereksperimen dengan masakan ini dengan rasa yang minimal hampir mirip. Dah lama juga gak nengok note q ini, pas q buka, mata tertuju langsung ma minestrone soup. Langsung tertarik bikinnya.

Sup minestrone berasal dari negara Italy. Seperti sup pada umumhya, sup ini juga jadi menu sehari2nya warga italy. Alhamdulillah dapet inspirasi dari beberapa suhu, tapi dengan beberapa modifikasi dariq. Dengan bahan yang seadanya di kulkas. ahihihihi. ada beberapa bahan yang q skip, coz dsini gak ada yang jual (lagu lama). Sempet kemaren sercing2, kali aja ada yang jual online. ternyata gak nemu. Apes dah. Ap karena qnya yang payah, whateverlah. Kemaren pas pulkam lebaran dah da niatan buat beli bumbu2 yang q incer. eeeeeeee.... nyampe sono LUPAaaaaaa, baru keingetnya waktu di pesawat perjalanan balik Jambi. Haaaaaaahhhh.... ada nyeselnya sih, tp gpp, beberapa hari yang lalu, Lelaki Surgaq bilang, insyaallah bulan January pulkam coz ada sahabatnya yang merid. Katanya wAjib hadir. hadeeeehhh... Meksoooo... yang pemting inceranq dapet. hahahaha... Sempet kemaren berencana minta tolong ma ibu buat beliin bumbu inceranq trz dipaketin ke sini, berhubung ibu tempoe doeloe yang taunya cuma daun salam, so gak jadi deh. hahahahaha. 

Kalo mau  rasanya italy banget ya bumbu rempahnya italy kudu dipake. Kalo q gak pake sih, seadanya di rumah. tapi untik rasa tetep seger, untungnya ada stok pasta SAN REMO TOMATO AND BASIL, so rasanya sedikit tertolong. yang penting Lelaki surgaq doyaaann bangt, mpe kuahnya di slurup2 abiz. Alhamdulillah. 

Ouw iya, untuk pastanya  kalo bisa pake pasta minim merek SAN REMO TOMATO AND BASIL. Jangan pake pasta tomat biasa, coz hasil rasanya beda jaoh. Malah terkesan biasa. Katanya sih lebih enak pake pasta tomat DEL MONTE. Tapi q belom pernah nyoba. Sup ini lebih nikmat dimakan bareng garlic bread. berhubung q gak da oven, so nasipun jadi, ttep enak. Alhamdulillah. Ini resepnya ku adaptasi dari sajiansedapMarthaSteward , dan lidiasitaly, berikut resep modifikasi ala q.

MINESTRONE SOUP

BAHAN:
 - 3 buah wortel ukuran kecil, potong serong tipis
 - 1 buah terong ukuran kecil, potong segitiga kecil
 - 100 gram buncis,potong serong
 - 3 buah sosis ayam/ sapi, potong serong tipis
 - 10 butir telor puyuh, rebus, kupas kulitnya
 - 500 gram tomat merah ukiran sedang + 4 siung bawang putih, rebus dengan 2 cangkir air, kemudian tomat di blender bersama 1 cangkir air bekas rebusan tomat,mkemudian saring, ampasnya campur lagi dengan sisa air rebusan, aduk2, saring lagi. Baung ampasnya.
 - 1 buah bawang bombay ukuran kecil. potong memanjang
 - 5 sdm pasta tomat dan basil san remo atau pasta del monte
 - 2 sdt italian mixed herbs (oregano, dill, rosemary, basil, thyme), q gak pake
 - 4 lembar bay leaf, q gak pake
 - 500 ml air kaldu
 - 1,5 sdt merica bubuk
 - 1 sdt pala bubuk
 - garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupjya
 - 50 gram keju cheddar parut
 - 2 batang seledri

CARA MEMBUAT:
 Tumis, bawang bombay. Sisihkan. Rebus air kaldu, masukkan italian mix herbs, bay leafs, dan seledri dengan api sedang. tutup panci, masak mpe mendidih. Setelah matang matikan api, saring, buang ampasnya. Sisihkan.
Cairkan pasta tomat dengan sari tomat, lalu tuang ke air kaldu. Aduk rata, rebus kuah mpe mendidih. Bumbui dengan tumisan bawang bombay, gula pasir, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, dan pala bubik. aduk rata. Jangan lupa incip2 sesuai selera. Masukkan bahan syur, utamakan yang keras dulu, masak mpe setengah matang. Kemudian susul dengan sayur yang lunak, sosis, keju parut, dan telor puyuh. Masak mpe matang. Matikan api kompor, dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar