Sabtu, 16 November 2013

URAP SAYUR


Ini adalah urap sayur andalanq. Pertama bikin urap karena terinspirasi oleh tetangga sebelah rumah, si mbak Lis. Sebelumnya yang q tau itu trancam. Ibuq sering banget beli trancam di pasar. Pernah sore2 kelaperan, trz minta makan di rumah mbak Lis (males masak), waktu itu sayur urap dan lauk ikan asin. Wuiiiiihhhh, sedap bethul bethul bethul. Langsung ketagihan. Beberapa hari kemudian bikin sendiri. Pertama bikin berasa takut grogi gto, takut kalo produk gagal. Ternyata hasilnya gak sesuai perkiraanq. Rasanya pas. Gurih dapet, pedas juga dapet. Alhamdulillah. Yang penting si Lelaki Surgaq lahap makannya.
Untuk isian sayurnya sih sesuka hati ajjah. Kalo q lebih suka daun ketela, daun pepaya, wortel, sama daun bayam. Berhubung di kulkas cuma ada daun ketela, timun, ma kubis jadilah urapnya. Kalo dah makan ini lahaaaapp bener makannya. Q yang jarang banget nambah, gara2 urap ini sa nambah makannya, malah urapnya q makan tanpa nasi. Si Lelaki Surga juga sama. Kalo kata mbak Lis "mertua lewat, gak nampak". Hahahahahaha.

Kemaren si Icha sempet ngasih urap versi Jambi poenya, rasanya gurih. Menurutq kurang srek gto. Mungkin karena sudah terbiasa dengan urap versi Jawa. Kalo versi Jambi poenya gak pake cabe, jadi rasanya cuma gurih.

Urap ini adalah saladnya Indonesia poenya. Waktu sercing2 resepnya gak sengaja baca salad spicy. Itu adalah bahasa Inggrisnya urap. Lucu juga sih waktu bacanya. dalam hati bilang "bahasa inggrisnya urap tu salad spicy, kalo pecel bahasa inggrisnya apa yak?" hahahahahaha.... Pertanyaan bodoh.

Q sering banget bikin urap, gak tau kenapa, bayangin urap aja udah berasa segeerrr. Sebenernya bukan makanan favoritq, tp gak tau kenapa diantara masakan yang lain, uraplah yang paling sering q bikin. Mungkin karena nikmatnya waktu makan, bikin nambah. Menurutq urap tu "njowoni" banget. Jadi kalo kangen jawa khususnya kangen rumah dn besrta isinya (impian mas kawin jaman single doeloe :D), bikinlah urap ini. Jadi kanjen [dibaca kangen, sok bule gto] ma ibu. Keinget kalo pagi2 sering sarapan urap, oleh2 ibu kalo biz dari pasar [jd mbrebes ney mata:( ].  Langsung ke resep aja dah kalo begitu. hehehehe. CEKIDOOOOTT.....

URAP SAYUR

BAHAN:
 - Untuk sayur bebas, kalo di foto atas kubis, timun, sama daun ketela.
 - 3 lembar daun jeruk
 - 250 gram kelapa parut

BAHAN, HALUSKAN:
 - 3 siung bawang merah
 - 1 siung bawang putih
 - 3 cabe merah
 - 5 cabe rawi
 - 1 bungkus terasi abc, bakar atau ebi
 - 1 ruas jari kelingking kunyit
 - 2 ruas kencur
 - garam, gula pasir ato gula merah, penyedap rasa kalo suka

CARA MEMBUAT:
Campur bumbu halus, daun jeruk, dan kelapa parut. Aduk rata. Kukus dalam dandang panas.Rebus sayur satu persatu mpe matang.Tiriskan. Kemudian pindahkan ke piring saji. Campur dengan bumbu kelapanya. Aduk rata dengan tangan. Sajikan.

SELAMAT MENCOBA,,,, =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar