Rabu, 20 November 2013

TEPPANYAKI TOGE JAMUR KANCING


Waktu pertama kali menginjakkan kaki di Jambi, mampir hotel dulu. Setelah itu hunting makan siang. Kebetulan di Jambi ada mall juga. Alhamdulillah (sempet bayangin gak ada mall :D). Meskipun gak kayak mallnya Solo. Yang penting ada. ahihihihi. waktu muter2 mall, nemu salah satu tempat makan Japanese food, z**bo. Kebetulan tempatnya lumayan asik, dengan pemandangan sungai (gak tau sungai apa), yang pasti sungainya itu banyak perahu yang lalu lalang. Sebenernya bagus sih, tapi biasalah indonesia, KOTOR. Kembali ke tempat makan. Buka2 buku menu sempet bingung juga mau pesen apa. Dari gambarnya menggugah selera semua. Dan akhirnya galau, antara teppanyaki (krn belom pernah makan) ato mie ramen (krn doyan ramen). Akhirnya Lelaki Surga yang so sweet. Q pesen ramen, dan Lelaki Surga pesen teppanyaki. So q sa nyomot2 punya Lelaki Surga. Hohohohoho. Untuk ramennya q kurang begeto cocok ma rasanya. Gak seperti ramen yang biasa q makan. Tapi kalo teppanyakinya, WoWwww... enaaakk bzangeth. Lelaki Surgaq juga doyan bgt, mpe kami ketagihan. Rasanya gurih banget. Pas lah di lidah. Dan karena itu, setiap kali ke Jambi, pasti beli itu. Terakhir beli sayang bgt, rasanya mengecewakan. Wuiiiihhhh, malah kyk masakanq ajah, tumisan biasa. Kecewaaaa bgt. So bikin gak tertarik lagi makan dsitu. Teppanyaki d z**bo pake telor mata sapi, dan ada dagingnya juga. So ini q bikin semirip mungkin, tapi tetep tergantung isi kulkas. hehehehe...
 Terinspirasi oleh teppanyaki ala z**bo, so q uplak uplik resepnya di dapur. Berkali2 bikin slalu gagal. Rasanya beda jaoh ma yang d  z**bo. Dan kemaren waktu iseng2 sercing2 resepnya, nemu di asianeasychickenrecipes.com alhamdulillah, pertama bikin langsung dora (berhasil berhasil horeeee). Meskipun rasanya belum persis ma yang di z**bo, setidaknya rasanya sudah mendekati sempurna, tinggal di uplak uplik dikiiitt lagi (next time). Resepnya q modif sedikit. Biasalah, tergantung isi kulkas. Sebenernya kalo di resep aslinya memasaknya sendiri2 alias terpisah. Daging ayamnya di masak terpisah. Sayurnya juga, toge sendiri, dan jamurnya sendiri. Berhubug q males yang ribet2, so ku masak campur2 dah. Yang penting jadi. hahahahahaha. Bagi yang mau nyoba, silahkan di contek. Selamat Mencoba yaaakkk.... =)

TEPPANYAKI TOGE JAMUR KANCING

BAHAN:
- 200 gram fillet ayam bagian dada, potong dadu (q gak pake)
- 1 bawang bombay ukuran sedang, iris tipis memanjang
- 250 gram toge, cuci bersih
- 1 kaleng kecil jamur kancing, belah menjadi 2 bagian
- 6 sdm kecap asin
- 4 sdm butter
- 2 sdm lemon juice, q pake perasan air jeruk nipis
- garam, dan merica bubuk
- minyak goreng untuk menumis
- biji wijen sangrai untuk taburan

CARA MEMBUAT:
Panaskan minyak goreng, dan butter, tumis bawang bombay mpe layu, kemudian masukkan kecap asin, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. Masak mpe ayam matang. Kemudian masukkan toge dan jamur kancing, aduk rata. Masak sebentar, kemudian masukkan air jeruk nipis. Jangan lupa incip2 sesuai selera. Matikan api kompor. Sajikan hangat2 bersama nasi putih. dan taburi dengan biji wijen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar