Rabu, 13 November 2013

CAKE KUKUS UBI JALAR RASA KAYU MANIS


Jangan salah menafsirkan tu foto cakenya. Jelek2 gto yang penting rasanya :D.. Niat awal bikin ini cake karena Lelaki surgaq. Kenapa? Karena hari itu si Lelaki Surga akan berangkat ke Jambi kota untuk ujian masuk D4 STAN. Rumahq menuju Jambi butuh waktu minim 5 jam, itupun kalo ngebut, kalo santae bisa mpe 7 jam. Lelaki Surgaq berangkat bareng ma kawan2nya. Naaaahh,krn perjalanan panjang itu q berinisiatif untuk bikin cemilan, nt kalo mereka laper stdknya ada pengganjal perut. Maklum dsini beda ma Jawa. Misal laper dtengah jalan kalo di Jawa sa ngasal mampir warung makan, kalo dsini mah laper ya kudu nunggu mpe tujuan dulu. Coz isinya hutaaannn. Ada sih warung makan yang rumahan gto, tp tdk meyakinkan. eeeeeee.... capek2 bikin, ternyata gak mau bawa tu cake. Maklumlah cowok, gak suka ngemil. Malah salah satu temennya bilang "skalian aja bawa kompor ma gasnya, buat ngemil".. Wooollhhaaaa,,,, njaluk di tuuk iji orang.. hahahahaha..... Dan akhirnya, si cake aku habisin dah.
Kalo rasa menurutq enak, lembut. Rasa ubinya gak berasa. Lebih dominan ma kayu manisnya. Cocok juga yang gak doyan perubi-ubian. Kata Lelaki Sugaq juga enak, mpe sekali lahap tiba2 tinggal separo. Alhasil yang di foto atas itu. 
Resep ini ku dapat dari JTT. Sudah banyak cake2 yang ada dsitu q praktekin. Makasih Mbak JTT. Resepnya sangat menginspirasi. Pernah juga yang produk gagal, dan ada yang langsung sukses. Salah satunya ya Cake ubi jalar kukus ini. tapi ada 1 bahan yang q ganti. yaitu tepungnya, kalo di resep aslinya pake tepung terigu protein rendah, misal kunci biru. berhubung q gak punya stok, soooo ku ganti ma tepung protein sedang, kyk segitiga biru. Untuk bahan yang lain sih ada lengkap. Alhasil, di luar dugaanq, ternyata WOW juga. rasanya lembuuuutttt, di mulut tu hmmmmmm, gmn yak jelasinnya, pokoknya enak kug. Tapi gak tau juga kalo hasil resep aslinya gmn. Next time bikin lagi, yar sa bandingin rasanya. Lebih enakan yang mana. hehehehehe.... Bagi yang mau nyobain, silahkannnnn.....

CAKE KUKUS UBI JALAR AROMA KAYU MANIS


BAHAN:
 - 350 gram ubi jalar yang warna kuning, kupas, kukus, lembutkan
 - 3 butir telur ukuran kecil, ato 2 butir telur ukuran besar
 - 200 gram gula pasir
 - 125 ml minyak sayur
 - 120 gram tepung terigu protein rendah, kunci biru, q pake tepung trigu protein sedang, segitiga biru (ayak bersama garam, kayu manis, pala, dan baking powder)
 - 1/2 sdt garam, q pake 1 sdt
 - 1/2 sdm kayu manis bubuk, q pake 1 sdm
 - 1/2 sdm pala bubuk, q pake 1 sdm
 - 1 sdt baking powder, q pake 1,2 sdt
 - 3 sdm air
 - 50 gram kacang mete ato kacang almond, panggang, cincang, untuk adonan (q gak pake)

CARA MEMBUAT:
Siapkan panci kukus, masukkan air, didihkan. Siapkan loyang, olesi minyak sayur mpe rata.
Kocok telur dan gula pasir mpe kaku dan mengembang, dengan speed tinggi ato sedang. Masukkan minyak sayur, kocok rata. Masukkan ubi kukus kocok mpe adonan lembut dan gak berbutir2. Turunkan kecepatan mikser ke rendah. Masukkan tepung terigu dan air sedikit demi sedikit. kocok sebentar mpe tepung rata. Jangan berlebihan mengocok. Matikan mikser. tuang adonan dalam loyang, kemudian kukus selama kurleb 30 menit. Tes tusuk menggunakan lidi ato tusuk gigi, kalo gak ada bagian cake yang nempel di lidi tu tanda kalo cake sudah matang.


SELAMAT MENCOBAAA.... =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar